Antara mitos dan kepercayaan tuk bima lukar dieng

 

Antara mitos dan kepercayaan tuk bima lukar diengDimana ada pegunungan di situlah mata air mengalir, begitu juga Dieng sebagai tempat yang menyimpan mata Air Suci. Ia adalah Tuk Bima Lukar Dieng yang berada di desa Dieng keamatan kejajar kabupaten wonosobo untuk lebih tepatnya lagi persis di pintu masuk dieng. tuk bima lukar yang di kenal dengan mata air purba, dengan mitos kuat yang masih melekat hingga sekarang, adalah mitos kuno yang menyebutkan mata air dari Tuk Bima Lukar bisa membuat awet muda.

Menurut cerita atau legenda masyarakat sekitar, Tuk Bima Lukar mempunyai daya tarik tersendiri. Yaitu dipercaya bisa membuat orang awet muda dengan membasuh muka atau mandi dengan air Tuk tersebut.

Sesuai dengan Cerita Pewayangan ketika sang bima melukar diri dan tiba-tiba melihat seorang putri yang sedang mandi di kali dan di dalam hatinya terucap kata “Siro Ayu” nah, dari situlah nama Hulu Sungai Serayu tersebut berasal. pada hari-hari tertentu seperti Bulan Suro Tuk Bima Lukar selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dan orang lokal sendiri untuk melakukan mandi dan wisata spiritual.

Sekarang aliran sungai Sungai Serayu yang bersal dari Pegunungan Dieng sudah dikembangkan oleh para pelaku wisata minat khusus sebagai ajang Wisata Olah Raga Arung Jeram yang berada di daerah Banjarnegara dengan grade-grade jeram yang menantang dan dapat menguji adrenalin bagi pecinta Olah Raga Rafting.
Buat kalian yang suka wisata adventure boleh di coba wisata minat khusus Rafting Sungai Serayu yang satu ini sangat menguji adrenalin kalian.

Tuk Bima Lukar masih dikeramatkan , Sebagian besar dari bangunan ini sudah berganti dengan tembok semen. Jejak kukunoan masih nampak pada dua buah Jaladwara yang masih berfungsi sebagai pancuran air tersebut. jika kita menilik bangunan di mata air ini akan terlihat tiga Undakan paling atas menjadi bagian yang Suci. Di bagian ini terdapat tempat untuk menaruh sesaji . Dibawahnya atau Undakan tengah terdapat sebuah kolam yang menampung air, Sementara untuk Undakan yang paling bawah terdapat dua pancuran untuk mengalirkan airnya/
Dibawah pancuran inilah masyarakat sekitar serta pengunjung membasuh atau mencuci muka mereka bahkan mandi. Karna Tuk Bima Lukar ini terdapat kepercayaan di masyarakat mengenai mata air ini, Mencuci muka atau mandi di tempat ini di percaya dapat membuat awet muda.
Namun semua kembali kepada diri kita sendiri atas niat dan kepercayaan hal tersebut. Dan untuk lebih detailnya bisa langsung Datang, Coba dan Rasakan sendiri.

Info penting tentang trend wisata dieng di 2016/2017

Wonderful Golden Sunrise Bukit Sikunir
5 Tempat Terbaik Untuk Melihat MilkyWay di Dieng Plateau
Jembatan Merah Putih Dieng
Bukit Sidengkeng (kalibirunya dieng)
Batu Ratapan Angin
Pesona Danau Cebong Dari Bukit Sikunir
Telaga dringo (ranukumbolonya dieng)
Gunung Prau Masih Mempesona
Sumur Jalatunda (sumur terbesar di dieng)
Padang Savana Dieng
Obyek Wisata Dieng Yang Wajib Di Kunjungi

Terima kasih telah menyempatkan membaca info/ artikel Antara mitos dan kepercayaan tuk bima lukar dieng via Halodieng.com. Semoga Bermanfaat.
Baca juga artikel :Paket wisata dieng murah dari jakarta agar lebih tau tentang Dieng

Info Penting Seputar Dieng Lainya :
Paket Wisata Dieng, Penginapan Dieng, Obyek Wisata Dieng

About

View all posts by

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *