DIENG CULTURE FESTIVAL 2016 | RAGAM ACARA

dieng culture festivalDIENG CULTURE FESTIVAL  Adalah sebuah event tahunan yang diadakan satu tahun sekali dengan acara inti meruwat rambut gimbal anak Dieng , Sebuah tradisi warisan leluhur Dataran Tinggi Dieng yang sampai sekarang masih ada di tengah-tengah kehidupan masyarakat dieng, Dieng Culture Festival merupakan sebuah gagasan dari pelaku wisata kawasan dieng yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata Dieng Pandawa, acara tersebut menggabungkan konsep budaya dengan wahana wisata alam. Diselenggarakan pertama kali pada tahun 2010 atas kerjasama dari Equator Sinergi Indonesia, Pokdarwis Dieng Pandawa dan Dieng Ecotourism. Sebelum adanya event Dieng Culture Festival sudah ada acara serupa yakni Pekan Budaya Dieng yang diadakan oleh masyarakat dan pemuda Dieng. Ketika memasuki tahun ke-3 Pekan Budaya, bersamaan dengan berdirinya kelompok sadar wisata , dan masyarakat merubah nama event tersebut menjadi Dieng Culture Festival.

Masyarakat jawa memang tak lepas dari tradisi warisan leluhur, salah satunya adalah tradisi ruwatan yang berasal dari kata ruwat atau ngrawat , yang artinya memelihara atau merawat , maknanya ialah merawat anak-anak dieng yang berambut gimbal atau gembel dengan penuh kasih sayang dan harus mengembalikan rambut yang dianggap sebagai titipan dari leluhur dieng yang harus dikembalikan lewat ruwatan tersebut. Rambut gimbal merupakan salah satu fenomena unik yang terjadi pada beberapa anak saja, dan tidak terjadi pada semua anak yang ada di kawasan dieng , proses terbentuknya rambut gimbal terjadi pada anak-anak berumur 2-5 tahun, memang terlihat aneh tapi nyata karena rambut gimbal tersebut tumbuh secara alami dan bukan sengaja dibuat. rambut menggumpal yang dipercaya oleh sebagian masyarakat dieng sebagai titipan penguasa alam ghaib dieng, dalam acara tersebut , ada beberapa prosesi yang akan dilakukan oleh si anak gimbal sebelum rambutnya dipotong, yaitu diantaranya dimulai dari napak tilas, arak-arakan, jamasan, pemotongan rambut, ngalap berkah, dan pelarungan. selain acara ruwatan tersebut, ada beberapa acara pendukung diantaranya adalah Jazz Atas Awan yang sekarang sudah ditetapkan menjadi agenda event nasional, ada juga Festival Lampion , Festival Film Dieng , Minum Purwaceng Bersama , Pagelaran Atraksi seni tari Dieng , Jalan Sehat dan Reboisasi, serta Expo, dll.

Berikut,

“AGENDA DIENG CULTURE FESTIVAL 2016”

5 AGUSTUS

PEMBUKAAN
Dibuka oleh Gubernur Jawa Tenga …….. h14.00

MAIYAHAN
InsyaAllah Cak Nun feat. Kiai Kanjeng …….. 15.00

JAZZATASAWAN
Pertunjukan jazz di suhu 4 derajat celcius …….. 20.00

6 AGUSTUS

EKSPEDISI PANGONAN
Sunrise Tracking ……… 04.00

JALAN SANTAI
Jalan-jalan keliling desa, siapa tau dapat doorprize ……… 07.00

PURWACENG PARTY
Haus setelah jalan-jalan, minum ini buat tambah vitalitas …….. 09.00

PARADE SENI BUDAYA
Ada tari, ada nyanyi, ada tradisional, ada kontemporer, dll ……. 10.00

FIREWORKS & SKYLANTERNS
Pastikan punya pasangan saat momen ini, kasihan kalo piyambakan ……. 19.30

7 AGUSTUS

KIRAB BUDAYA
Iring-iringan pengantar anak bajang …….. 06.30

JAMASAN
Di komplek Darmasala, para anak gembel dijamas …….. 09.00

RUWAT & CUKUR
Puncak acara, anak gembel dicukur gembelnya ……. 10.00

LARUNGAN
Pelarungan gembel di telaga warna ……. 13.30

INFO Paket DCF>>>

Terima kasih telah menyempatkan membaca info/ artikel DIENG CULTURE FESTIVAL 2016 | RAGAM ACARA via Halodieng.com. Semoga Bermanfaat.
Baca juga artikel : TIKET DAN PAKET DIENG CULTURE FESTIVAL 2016 agar lebih tau tentang Dieng

Info Penting Seputar Dieng Lainya :
Paket Wisata Dieng, Penginapan Dieng, Obyek Wisata Dieng

About

View all posts by

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *